Perbedaan Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Perbedaan Asuransi Mobil TLO dan All Risk, Wajib Tahu!

Saat ini banyak orang menyadari tentang pentingnya memiliki asuransi mobil. Namun, saat memilih asuransi mobil ada kendala untuk memilih jenis mana yang tepat.

Kebingungan tersebut muncul karena tidak mengetahui perbedaan antara asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk. Padahal jika Anda mengetahui perbedaannya maka memilih asuransi mobil menjadi hal yang mudah.

Salah satu cara memiliki asuransi mobil adalah lewat asuransi online. Jika Anda membutuhkan rekomendasi asuransi online terbaik bisa mengecek secara lengkap melalui laman resmi marketplace asuransi Lifepal.co.id.

Nah, buat lebih jelasnya mengenai perbedaan asuransi TLO dan All Risk, dapat mengetahuinya dalam artikel berikut. Pasalnya, asuransi TLO dan apa yang dicover berbeda dengan All Risk.

Perbedaan Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only) dan All Risk

Kedua jenis asuransi mobil ini sebenarnya sama-sama bertujuan memberikan jaminan kepada pemilik mobil. Namun, di antara keduanya terdapat perbedaan.

Apa saja perbedaannya? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Definisi

Sebenarnya mengetahui perbedaan kedua asuransi mobil ini secara sederhana bisa dilihat dari definisinya masing-masing. Asuransi mobil All Risk merupakan jaminan penanggungan terhadap segala kerusakan yang terjadi terhadap mobil pemiliknya.

Sedangkan definisi asuransi mobil TLO atau yang biasa dikenal Total Loss Only ini yaitu jaminan ganti rugi terhadap kerusakan berat pada mobil. Jadi lecet ataupun kerusakan kecil lainnya biayanya tidak bisa dicover.

2. Fasilitas Perlindungan

Dapat terlihat dari definisi keduanya bahwa asuransi mobil tersebut berbeda dalam fasilitas perlindungan yang ditawarkan. Fasilitas perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi All Risk lebih banyak dibandingkan dengan TLO.

Baca Juga:  Mengetahui Jenis-Jenis Pajak Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Karena dalam asuransi All Risk perlindungan yang diberikan mulai dari kerusakan kecil, hingga berat bisa ditanggung. Bahkan biaya untuk pengurusan surat STNK yang hilang bisa dicover oleh asuransi ini.

Sedangkan yang dapat tercover oleh TLO adalah kerusakan berat, minimal tingkat kerusakannya sebesar 75%. Namun, tenang saja selain kerusakan berat asuransi ini juga bisa memberikan uang kompensasi jika mobil Anda dicuri.

3. Banyaknya Jaminan yang Ditawarkan

Tentu jika dilihat dari banyaknya jaminan asuransi All Risk adalah pemenangnya. Karena asuransi ini memiliki banyak penawaran fasilitas perlindungan mulai dari hal kecil hingga besar.

Jadi, jika Anda mencari asuransi mobil yang banyak jaminannya, maka asuransi All Risk bisa menjadi solusi tepat.

4. Persentase Premi Berdasarkan OJK

Penentuan persentase premi yang dibebankan pada pemilik asuransi mobil ditentukan oleh OJK. Persentase premi asuransi mobil TLO rentangnya yaitu 0.20% sampai 0.78 persen. Sedangkan untuk asuransi mobil All Risk adalah 1.05 % sampai 4.20 %.

Perbedaan persentase premi tersebut otomatis mempengaruhi besarnya premi keduanya. Premi asuransi All Risk biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan TLO. Jadi Anda bisa memilih asuransi TLO jika menginkan biaya preminya yang rendah.

Sebenarnya biaya premi yang tinggi dari asuransi All Risk ini sebanding dengan penawaran fitur-fiturnya. Begitupun sebaliknya dengan asuransi TLO. Semua pilihan tergantung ke budget dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Premi yang dibayarkan selain ditentukan dari rate dari OJK juga dipengaruhi oleh wilayah nasabah asuransi. Masing-masing perusahaan memiliki aturan tersendiri dalam penentuan tersebut.

5. Usia Kendaraan

Perbedaan yang perlu Anda ketahui dari asuransi mobil TLO dan All Risk berikutnya yaitu tentang usia mobil.

Umumnya usia mobil yang bisa mengikuti asuransi TLO adalah 15 tahun maksimalnya. Sedangkan untuk asuransi All Risk adalah maksimal 10 tahun.

Baca Juga:  Mengetahui Jenis-Jenis Pajak Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Perhitungan usia mobil tersebut tidak didasarkan dari tahun berjalannya. Jadi baik itu kendaraan bekas pun tetap bisa Anda daftarkan untuk memiliki asuransi mobil.

Perhitungan usia mobil ini antara TLO dan All Risk caranya adalah sama.

6. Bengkel yang Disediakan

Perbedaan selanjutnya dari dua asuransi mobil ini adalah dari bengkel yang disediakan. Terdapat aturan yang diberikan oleh perusahaan asuransi dalam menggunakan fasilitas bengkel resmi.

Penggunanya di khususkan untuk usia mobil di bawah 10 tahun untuk TLO dan All Risk. Jika batas usia yang ditetapkan melebihi maka perbaikan hanya bisa dilakukan melalui bengkel umum saja.

7. Prosedur Pengajuan Klaim

Berikutnya perbedaan asuransi mobil TLO dan All Risk yaitu dari proses pengajuan klaim untuk mencairkan dana penanggungan.

Sehingga, untuk dokumen dan bukti yang perlu dilampirkan pun berbeda. Prosedur pengajuan klaim asuransi mobil ini secara jelasnya bisa Anda lihat di polis asuransi.

Salah satu rekomendasi perusahaan dengan kemudahan proses pengajuan maupun melihat polis sesuai keinginan, bisa Anda dapatkan hanya di Lifepal.co.id.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top