Cara Menyalakan Komputer

Cara Menyalakan Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Menyalakan KomputerPerangkat komputer masih banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Komputer mampu membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien. Jika anda ingin menggunakan komputer, baiknya harus mengetahui cara menyalakan komputer yang tepat. Sebab, menyalakan komputer dengan cara yang tidak tepat akan menimbulkan berbagai masalah seperti korsleting listrik atau kehilangan data.

Cara Menyalakan Komputer yang Tepat

Menyalakan komputer terlihat mudah, namun tidak dapat disepelekan. Baik pemula maupun yang sudah terbiasa menggunakan komputer, tetap harus mengikuti tata cara menyalakan komputer dengan tepat. Menyalakan komputer dapat dilakukan dengan dua mode, yaitu normal mode dan safe mode. Berikut ini akan dijelaskan panduan cara menyalakan komputer dengan normal mode dan safe mode.

  • Cara menyalakan Komputer dengan Normal Mode

Menyalakan komputer dengan normal mode merupakan cara yang umum dilakukan. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyalakan komputer dengan normal mode adalah sebagai berikut :

  • Menghubungkan Komputer dengan Stop Kontak

Saat membeli komputer, biasanya sudah sepaket dengan kabel power bawaan. Cara menyalakan komputer yang pertama ialah kabel power tersebut perlu anda sambungkan ke komponen bagian belakang komputer, atau biasa dikenal dengan power supply. Setelah kabel tersambung ke power supply, selanjutnya hubungkan kabel power supply pada sisi lainnya ke stop kontak. 

Baca Juga:  ASUS EXPERTBOOK B5 SERIES, LAPTOP BISNIS ULTRA-PORTABLE DENGAN LAYAR ASUS OLED

Periksa bagian belakang komputer, jika ada switch maka ganti posisinya menjadi ON agar dapat terhubung dengan arus listrik. Apabila anda menggunakan UPS dan Stabilizer, jangan lupa disambungkan juga.

  • Menyambungkan Perangkat Pendukung yang dibutuhkan Komputer

Perangkat pendukung yang dibutuhkan dalam mengoperasikan komputer antara lain yaitu mouse, keyboard, dan speaker. Cara menyambungkan perangkat ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungkan kabel mouse dan kabel keyboard ke bagian belakang komputer. Di bagian belakang komputer terdapat port USB yang dapat digunakan untuk menyambungkan kabel mouse dan keyboard. 

Jika anda ingin menggunakan speaker bersamaan, anda dapat menyambungkannya ke port USB tambahan yang terletak di bagian depan komputer.

  • Menyalakan Layar Monitor

Layar monitor terpisah dengan CPU komputer. Untuk menyalakannya, anda perlu menyambungkan kabel yang ada pada monitor ke bagian belakang komputer. Di bagian belakang komputer terdapat port yang berbentuk HDMI (High Definition Multimedia Interface) atau D-SUB (VGA).

Baca juga : Cara Mengunci Aplikasi di Hp Samsung

Jika sudah, anda juga perlu menyambungkan kabel power monitor ke stop kontak. Tekan tombol power dibagian bawah atau samping monitor untuk menyalakan tampilan pada layar monitor.

  • Nyalakan Komputer

Apabila semua kabel sudah terpasang dengan benar, anda dapat langsung menghidupkan seluruh perangkat komputer dengan menekan tombol power pada bagian casing CPU. Akan terdengar seperti bunyi kipas dan terlihat nyala lampu LED yang berkedip-kedip apabila komputer berhasil menyala. Layar monitor juga akan memunculkan tampilannya.

  • Menunggu Proses Booting Komputer

Sebelum dapat dioperasikan, biasanya komputer akan melewati proses booting terlebih dahulu. Proses booting ini seperti proses loading yang fungsinya adalah memuat sistem yang ada pada komputer. Ciri dari proses booting pada komputer ialah muncul logo sistem operasi dengan tanda loading yang berulang-ulang.

Setelah proses booting selesai, komputer akan melakukan proses start up untuk memuat data serta aplikasi-aplikasi yang berjalan pada sistem komputer. Proses start up dimulai otomatis langsung setelah loading sistem operasi selesai.

  • Komputer Siap digunakan

Apabila komputer anda sudah selesai melakukan proses booting dan start up dengan lancar, maka komputer anda sudah dapat digunakan untuk mengoperasikan aplikasi yang akan anda gunakan. Anda juga dapat menyambungkan internet ke komputer anda dengan tiga pilihan yaitu Modem, Ethernet, atau Wifi. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan anda, bermain game, berselancar media sosial, scrooling google maupun hal lainnya.

Baca Juga:  Sangat Simpel, Begini Cara Membuat Kuesioner Online!

Ketika sudah selesai digunakan, matikan komputer dengan cara yang tepat. Pastikan ingat bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk langsung mencabut kabel dari stop kontak, karena hal itu akan membuat komputer anda bermasalah nantinya. Lakukanlah dengan cara yang benar untuk mematikannya melalui menu shutdown.

Cara Menyalakan Komputer dengan Safe Mode

Secara umum, cara menyalakan komputer dengan safe mode ialah menyalakan komputer seminimal mungkin dengan menjalankan program yang hanya dianggap penting. Cara menyalakan komputer dengan safe mode direkomendasikan untuk komputer yang masa pakainya sudah lama. Mengaktifkan Safe Mode cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk menyalakan komputer dengan Safe Mode.

Baca juga : Cara Mengubah Word Ke PDF Di Laptop

  • Safe Mode pada Windows 8 dan Windows 10

 Setelah layar utama muncul, anda dapat mengklik ikon Windows dan pilih ikon daya. Kemudian, tekan opsi restart bersamaan dengan tombol shift. Akan muncul tiga opsi baru, namun anda dapat memilih opsi troubleshoot pada layar, kemudian klik opsi Advanced untuk memilih Startup Settings. Pilih Restart terlebih dahulu. Kemudian, saat menu startup settings muncul kembali, pilihlah opsi Enable Safe Mode kemudian tunggu komputer melakukan restart dan beroperasi dalam mode aman.

  • Safe Mode pada Windows Xp, Windows Vista, dan Windows 7

Cara menyalakan komputer pada Windows ini masih dibantu menggunakan keyboard. Jika sudah muncul tampilan utama, anda dapat menekan F8 pada keyboard. Apabila di keyboard terdapat tombol Fn, maka tekan tombol Fn dan F8 secara bersamaan. Tunggu layar monitor menampilkan daftar pilihan. Selanjutnya, tekan tombol panah ke bawah pada keyboard kemudian pilih opsi Safe Mode, Komputer anda akan beroperasi pada safe mode saat hidup kembali.

  • Safe Mode pada Mac OS

Apabila anda menggunakan komputer yang berbasi Mac OS, cara menyalakan komputer dengan safe modenya ialah menekan tombol Shift dengan cukup lama hingga muncul lambang Apple. Akan muncul bilah abu-abu yang menandakan proses mengaktifkan Safe Mode.

Baca Juga:  Rekomendasi Situs Baca Novel Online Romantis

Apabila Tombol Power Bermasalah

Cara menyalakan komputer dengan normal mode dan safe mode dapat anda lakukan sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada kalanya tombol power tidak menyala sehingga menghambat proses menyalakan komputer. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Tegangan Listrik yang Kurang Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi pasokan listrik yang dialirkan, sehingga dapat berdampak pada tombol power yang tidak dapat menyala. Agar tegangan tetap stabil, ada baiknya anda menggunakan stabilizer agar aliran listrik ke perangkat komputer dapat terjaga.

  • Kerusakan pada perangkat keras

Matikan antivirus yang dapat berpotensi merusak hardware. Karena hal ini dapat menyebabkan gangguan pada komponen komputer termasuk tombol power.

  • Masalah pada Tombol Power

Tombol power juga rentan memiliki masalah sendiri seperti patah maupun berdebu. Bersihkan atau ganti tombol power agar dapat dioperasikan kembali.

Demikianlah panduan cara menyalakan komputer yang dapat anda terapkan. Ikuti petunjuk dengan benar agar komputer anda awet dan tidak mudah rusak. Semoga informasi mengenai cara menyalakan komputer ini dapat bermanfaat dan dapat dipraktekkan dengan mudah!.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top