Inilah Keuntungan Dan Cara Menonaktifkan Update Windows 10!

Cara Menonaktifkan Update Windows 10Terganggu dengan pembaharuan otomatis dari Windows? Tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan mempraktikkan cara menonaktifkan update windows 10 di sini.

Sebelum mengulas caranya, mari cari tahu alasan yang melatarbelakangi sistem untuk auto update. Selain itu, kamu juga akan menemukan apa keuntungan yang didapatkan setelah menonaktifkannya.

Alasan Windows 10 Minta Update

Mungkin kamu penasaran tentang alasan windows 10 selalu minta update. Dan ini pun sering dirasakan oleh pengguna lain. Secara umum, alasannya berkaitan dengan faktor berikut ini.

Keamanan

Sistem operasi windows termasuk sistem yang paling populer. Penggunanya pun hampir merata di seluruh dunia.

Sistem ini pun dapat menampung sejumlah produk yang dikembangkan oleh pengembang lainnya. Produk yang dimaksud adalah aplikasi.

Masalahnya, sejumlah aplikasi ini bisa membahayakan sistem. Terlebih aplikasi yang mengandung elemen perusak seperti malware atau semacamnya.

Adanya elemen ini tentunya membuka celah bagi orang jahil untuk mengakses data dari pengguna. Dan kondisi ini sangat membahayakan.

Pengembang windows 10 menyadari hal tersebut. serangkaian test dan Analisa terus dilakukan. Tujuannya untuk menutup celah yang bisa dimasuki oleh orang lain.

Langkah ini biasanya dilakukan dengan memperbarui sistemnya. Dan windows pada akhirnya mendapatkan sinyal untuk melakukan pembaharuan secara otomatis. Fungsinya untuk meningkatkan keamanan.

Perbaikan

Keinginan masyarakat terkait kemudahan sistem operasi ini memungkinkan pengembang terus melakukan perbaikan. Dan ini direalisasikan dengan menambahkan fitur atau memperbaikinya agar semakin memudahkan.

Begitu pula jika ada error yang muncul. Pengembang akan berusaha untuk memperbaikinya. Nantinya, perbaikan ini akan didapatkan user ketika melakukan update windows.

Kompabilitas

Faktanya, banyak sekali program yang dikembangkan oleh pengembang. Dan sebagian dari program membutuhkan spesifikasi windows yang sesuai agar program tersebut bisa dijalankan.

Lagi-lagi, peningkatan pada elemen di windows harus dilakukan. Tujuannya supaya bisa mendukung kompatibilitas dengan program tersebut.

Keuntungan Menonaktifkan Windows Update

Jika dilihat dari alasannya, update windows sebenarnya menguntungkan. Tetapi, sebagian pengguna tampaknya merasa kurang nyaman. Pada akhirnya, banyak pengguna yang mencoba untuk mengaplikasikan cara menonaktifkan update windows 10.

Mematikan auto update windows pun ada keuntungannya. Secara umum, keuntungan yang didapatkan pengguna ialah tidak terganggu pekerjaannya akibat update sistem windows.

Betapa tidak, proses update ini kebanyakan memakan banyak waktu. Ketika filenya cukup besar, prosesnya bisa memakan waktu hingga 30-60 menit. Parahnya, sistem tidak bisa direstart atau dimatikan saat itu.

Baca juga : Cara Membuat Kuesioner Online

Keuntungan lainnya, kapasitas penyimpanan jauh lebih longgar. Dan ini sangat diperlukan oleh pengguna.

Alasannya, ruang penyimpanan yang longgar memungkinkan sistem dapat dijalankan dengan cepat. Artinya, tidak lemot lantaran terbebani oleh banyaknya file yang tersimpan.

Berbeda jika melakukan update. Ruang penyimpanan bisa menyusut. Pasalnya, file update biasanya lebih besar dari versi lama.

Ini bisa menjadi masalah serius bagi kamu yang menggunakan SSD. Ruang penyimpanan akan lebih cepat penuh. Selain itu, kondisinya tidak memungkinkan untuk memasang program lain. Bahkan, bisa memperlambat kinerja komputer/laptop.

Keuntungan lain bagi yang menerapkan cara menonaktifkan update windows 10 adalah hemat kuota internet. Terlebih sebagian besar update sistem berisi hal yang tidak begitu dibutuhkan oleh pengguna.

Sederhananya, pengguna sudah sangat nyaman dengan sistem lama. Terkecuali jika ada permasalahan/error yang serius. Baru user akan mengupdate sistem windows.

Beberapa Cara Menonaktifkan Update Windows 10

Terdapat beberapa cara menonaktifkan update windows 10 yang dapat kamu gunakan. Berikut ini opsi dan langkahnya.

  • Mematikan Via Control Panel

Windows sudah menyediakan aplikasi untuk melakukan pembaharuan atau menonaktifkan update windows. Aplikasi yang dimaksud adalah control panel.

Seperti apa langkahnya? Awali dengan menekan Start Menu. Di kolom pencarian, ketik Control Panel dan akses masuk.

Selanjutnya, pilih System and Security yang dilanjutkan dengan menekan Administrative Tools.

Setelah terbuka halaman baru, silahkan pilih Services. Scroll ke bawah untuk menemukan menu Windows Update.

Lanjutkan dengan klik kanan untuk membuka Windows Update Properties. Pada jendela, posisikan ke General. Perhatikan fitur Starup Type. Cukup posisikan ke Disabled.

Sementara pada service status, tekan STOP. Sisanya, simpan perubahan dengan menekan OK.

  • Menonaktifkan Via Configure Automatic Updates

Cara menonaktifkan update windows 10 bisa dilakukan melalui konfigurasi update otomatis. Syaratnya, sistem tersebut merupakan versi Enterprise, Education mau pun Profesional.

Langkahnya diawali dengan membuka jendela Run. Cara termudahnya ialah dengan menekan Windows + R secara bersamaan.

Setelah terbuka, ketik gpedit.msc dan tekan Enter. Langkah selanjutnya adalah memilih Computer Configuration.

Baca juga : Mengubah Foto Menjadi 4×6 Online

Klik pada menu Administrative Templates. Lantas, masuk ke Windows Component dan pilih Windows Update.

Tekan dua kali pada Configure Automatic Updates dan pilih Disable. Konfirmasikan perubahan dengan menekan OK.

  • Matikan Auto Update Windows via CMD

Command prompt pun sering dimanfaatkan user untuk memberikan perintah pada sistem. Tidak terkecuali untuk menonaktifkan update otomatis.

Kamu bisa melakukannya dengan mudah. Syaratnya, ingat frase perintah yang perlu diketik untuk menonaktifkannya.

Alurnya seperti ini. Buka CMD dengan menekan Windows + R bersamaan. Ketik CMD dan tekan Enter.

Kalau sudah terbuka jendelanya, tulis perintah di dalamnya. Ada 3 perintah yang perlu kamu masukkan secara urut.

Pertama adalah net stop wuauserv. Kedua adalah net stop bits. Dan ketiga adalah net stop dosvc.

Kalau sudah, tinggal tutup Command Prompt. Hasilnya, update otomatis dari windows akan berhenti.

  • Gunakan Metered Connection

Cara menonaktifkan update windows 10 yang paling simpel adalah menggunakan metered connection. Syaratnya, komputer terhubung dengan jaringan WIFI.

Kalau kamu sering menggunakan jaringan tersebut, kamu bisa memilih metode ini. Toh, langkahnya lebih praktis.

Kamu cukup klik kanan pada nama WIFI. Setelah itu, pilih Properties. Langkah selanjutnya cukup mengatyr metered connection.

Kamu cukup aktifkan toggle ke posisi On. Otomatis, update pembaharuan windows akan mati.

  • Manfaatkan Aplikasi dari Pihak Ketiga

Apabila kamu ingin cara tercepat dalam menonaktifkan windows update, coba manfaatkan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi yang recommended untuk digunakan adalah EaseUS.

Tenang saja, aplikasinya gratis. Kamu cukup mengunduhnya dari website resmi. Kemudian, install ke dalam perangkat komputer/laptop.

Apabila sudah terinstalll, cukup jalankan aplikasinya. Akses ke menu Windows Update. Di sini, cukup klik Disable untuk menonaktifkan pembaharuan dari sistem.

Selagi aplikasi terpasang, kamu pun bisa mengubahnya kapan pun. Contohnya bila ingin mengaktifkannya. Kamu tinggal menyalakan saja di tempat yang sama seperti ketika kamu menonaktifkannya.

Akhirnya, kamu bisa mematikan pembaharuan windows kapan pun. Khususnya bila kamu merasa jika perubahan yang ditawarkan tidak memberikan dampak positif secara signifikan.

Untuk cara menonaktifkan update windows 10, kamu bisa menggunakan metode yang dinilai paling mudah. Entah itu menggunakan fitur yang terdapat dalam sistem atau pun memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga. Dapatkan bermacam informasi lainnya hanya di asusbusiness.id.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.