Cara Mengeluarkan Air dari Handphone Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Mengeluarkan Air dari Handphone – Jangan buru-buru panik kalau ponsel nyebur dan kemasukan air. Sebab Anda masih bisa lakukan pertolongan pertama untuk menyelamatkannya. Paling tidak, dengan cara mengeluarkan air dari handphone.

Air memang jadi musuh utama perangkat elektronik. Hampir semua barang elektronik itu rawan mengalami kerusakan jika terkena, apalagi sampai kemasukan air. Tak terkecuali handphone.

Ya, meskipun saat ini sudah ada beberapa produk handphone yang sudah dibekali fitur canggih untuk bisa bertahan dari tumpahan dan bahkan nyemplung air sih. Tapi kan masih banyak produk handphone yang tidak dibekali dengan kemampuan seperti itu.

Nah, jika Anda mengalami musibah berupa handphone ketumpahan air, atau bahkan nyemplung karena alasan-alasan tertentu, tak perlu panik. Bahkan jangan buru-buru menganggap handphone Anda tak bisa diselamatkan.

Silakan lakukan langkah-langkah dasar berikut ini:

  • Jika handphone ketumpahan atau bahkan nyemplung ke air dalam kondisi menyala, segera matikan secara paksa dengan langsung mencabut/mencopot baterai (bila bukan baterai tanam). Sebaliknya, jika ponsel dalam kondisi mati, jangan langsung menyalakannya.
  • Jangan memencet tombol apa pun. Segera copot seluruh komponen seperti baterai, SIM card, SD card dan sejenisnya.
  • Segera keringkan atau keluarkan (sisa) air dari handphone dengan cara-cara yang benar sebagaimana akan dibahas pada artikel ini.

Mengeringkan dan mengeluarkan sisa air pada handphone yang kemasukan air, entah karena ketumpahan atau nyemplung, sangat penting dilakukan sebagai langkah penyelamatan. Tujuannya agar air yang masuk tidak merembet ke seluruh komponen handphone.

Kita tahu bahwa handphone terdiri dari berbagai komponen rentan dan ringkih. Terutama apabila berhadapan dengan musuh bernama air. Maka ketika handphone kemasukan air, mau tak mau, mengeringkan dan mengeluarkan sisa air dari handphone sangat penting dilakukan.

Meski demikian, cara mengeringkan sekaligus mengeluarkan air dari handphone itu tidak sembarangan. Jika asal, bisa-bisa handphone justru jadi rusak total.

Lantas bagaimana cara mengeringkan dan mengeluarkan air dari ponsel yang benar? Silakan simak paragraf-paragraf di bawah ini dari rogcommunity.id :

Cara Mengeluarkan Air dari Handphone Yang Benar

  1. Menggunakan Kain Lap

Ketika handphone tanpa sengaja terendam atau ketumpahan air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah sebisa mungkin mengeringkannya. Anda bisa coba cara mengeluarkan air dari handphone dengan mengelapnya memakai kain.

Agar lebih maksimal, sebaiknya lepas dulu komponen handphone yang memang bisa dicopot. Seperti baterai, SIM Card, dan SD Card, misalnya.

Bila sudah, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan kain lap. Untuk bagian-bagian yang mungkin tidak dapst dijangkau dengan lap, biarkan saja. Misal bagian speaker, lubang-lubang konektivitas dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mengubah PDF Ke PPT

Gunakan kain lap yang bersih dan dapat menyerap air. Misalnya bahan kaos katun atau sejenisnya. Usahakan ketika mengelap bagian-bagian handhone yang terkena air, jangan sambil mengguncang-guncang handphone. Karena justru dapat sebabkan air masuk ke komponen-komponen yang sebelumnya tidak terkena air.

  1. Menggunakan Media Beras

Penggunaan media beras merupakan cara mengeluarkan air dari handphone yang cukup populer. Kita tahu bahwa beras punya daya serap yang sangat baik terhadap lembab. 

Cara untuk melakukannya pun terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengubur handphone ke dalam beras. Kemudian diamkan sekitar 2 sampai 3 hari untuk memastikannya benar-benar kering.

Agar bisa lebih maksimal, silakan lepas atau copot terlebih dahulu komponen-komponen yang memang dapat dicopot. Seperti baterai, stylus atau pen, SIM Cars, SD Card, dan sejenisnya. Silakan kubur semua komponen tersebut bersama bagian handphone ke dalam beras. Tunggu hingga benar-benar kering.

  1. Menggunakan Silica Gel

Silica gel yang umum kita temukan di kotak sepatu ternyata juga bisa dipakai untuk cara mengeluarkan air dari handphone. Benda yang satu ini diklaim punya daya serap lembab yang sangat tinggi.

Untuk melakukannya pun sangat mudah. Tak jauh berbeda dengan beras. Anda hanya perlu merendam handphone ke dalam silica gel. Lalu mendiamkannya beberapa waktu hingga air yang ada di dalam handphone benar-benar sudah terserap semua.

Pastikan Anda telah memisahkan semua komponen handphne yang memang bisa dicopot-pisahkan. Misalnya baterai, SIM Card, SD Card dan sejenisnya. Biarkan kurang lebih 2 hingga 3 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Kipas Angin

Selain itu, Anda juga bisa coba cara mengeluarkan air dari handphone dengan menggunakan bantuan kipas angin. Angin yang dikeluarkan oleh baling-baling kipas, bisa berfungsi untuk mengurangi sisa air dan kelembaban pada handphone yang kemasuka air.

Baca Juga:  Inilah Keuntungan Dan Cara Menonaktifkan Update Windows 10!

Untuk melakukannya pun tidak kalah mudah dan praktis. Pertama-tama, harap dipastikan Anda telah mencopot berbagai komponen handphone yang memang bisa dicopot. Misal baterai, casing, sim card, micro sd, dan sebagainya.

Selanjutnya, letakkan semua komponen handphone tersebut di depan kipas angin. Lalu nyalakan kipas angin untuk beberapa saat. Ya, sekitar 5 sampai 7 jam. Atau hingga dirasa benar-benar kering.

  1. Memakai Hair Dryer

Anda juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan sekaligus mengeluarkan air dari hanphone yang kemasukan air. Sebagaimana kita tahu, hair dryer punya udara panas yang dihasilkan saat alat tersebut dinyalakan.

Nah, udara panas inilah yang sangat berguna untuk mengurangi bahkan menghilangkan kadar air yang ada di dalam handphone. Laiknya ketika digunakan untuk mengeringkan rambut yang basah.

Namun ingat, cara mengeringkan dan mengeluarkan air dari handphone dengan menggunakan hari dryer tidak asal-asalan. Karena udara panas yang dihasilkan hair dryer dapat menyebabkan komponen dalaman yang ringkih terkena panas malah menambah kerusakan.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Update Windows 10

Sehingga penggunaan hair dryer untuk mengeringkan sekaligus mengeluarkan air yang terjebak di dalam handphone harus hati-hati. Berikut langkah-langkah menggunakan hair dryer yang kami sarankan:

Pertama, nyalakan hair dryer pada tingkat rendah, atau udara panas yang dihasilkan tidak terlalu panas.

Kedua, jangan terlalu dekat ketika menggunakan hair dryer untuk mengeringkan sisa air pada handphone.

Ketiga, berilah jeda yang agak sering dan lama setiap Anda menyemburkan udara panas pada perangkat handphone. Misal semburan awal Anda berikan paling lama 1 menit saja. Lalu jeda atau diamkan minimal 5 menit atau sampai perangkat handphone terasa dingin lagi. Baru lanjut beri semburan lagi untuk yang kedua kalinya. Begitu seterusnya.

Baca Juga:  Laptop Gaming ROG dengan 12th Gen Intel® Core™ Resmi Diperkenalkan di Indonesia! 

Intinya, jangan gunakan semburan udara panas dari hair dryer terlalu lama dan berlebihan. Khawatir malah merusak komponen ringkih yang ada di dalam handphone.

  1. Gunakan Aplikasi Speaker Cleanser

Saat ini sudah ada aplikasi untuk mengeluarkan air dari speaker handphone ketika komponen tersebut kemasukan air. Akan tetapi, satu hal yang perlu Anda catat, masing-masing tipe handphone punya komponen yang berbeda.

Sehingga jika komponen speaker terkena air, maka penanganannya pun akan berbeda. Supaya tak salah tindakan, harap dipastikan untuk menggunakan cara yang tepat sesuai tipe handphone yang Anda gunakan.

Misalnya Anda menggunakan iPhone. Ada beberapa tipe HP iPhone yang telah dilengkapi dengan teknologi anti air. Sehingga mampu menahan kedalaman air hingga 1 meter selama 30 menit. Namun tak sedikit pula HP iPhone yang tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut. Sehingga ketika speaker terkena air, membuat suara yang dikeluarkan menjadi kurang bagus.

Nah, selain menggunakan cara konvensional seperti telah dikemukakan sebelumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone yang kemasukan air.

Misalnya menggunakan aplikasi Shortcut Water Eject dan Sonic. Dua aplikasi ini bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari speaker HP iPhone. Lantaran mampu mengeluarkan gelombang suara frekuensi ultra rendah sekitar 165 Hz. Sehingga bisa mendorong air keluar dari lubang speaker iPhone.

  1. Bawa ke Tukang Servis

Apabila cara-cara di atas masih juga belum berhasil, maka tak ada salahnya untuk segera membawa handphone Anda ke tempat service. Sebab, teknisi tentu punya cara khusus untuk memastikan kondisi handphone karena kemasukan air.

Jika memang masih memungkinkan untuk menyelamatkannya, maka teknisi akan memperbaikinya dengan usaha yang maksimal. Namun bila memang kondisinya sudah parah, tentu ia akan merekomendasikan untuk mengganti handphone baru.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang cara mengeluarkan air dari handphone ketika kemasukan air. Entar karena kena tumpahan, atau karena nyemplung. Sehingga apabila Anda mengalami musibah seperti itu, tak perlu buru-buru panik. Lakukan cara-cara tersebut di atas terlebih dahulu sebagai upaya pemberian pertolongan pertama terhadap handphone Anda. Selamat mencoba!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.