Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Anti Gagal

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak TerbacaKesal flashdisk tidak terbaca di PC/Laptop? Sudahkah kamu menganalisa letak permasalahannya? Lantas, tahukah kamu bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca tersebut?

Rasa kesal sekaligus sesal terkadang dirasakan ketika flashdisk bermasalah. Apalagi, kamu butuh flashdisk tersebut untuk membuka file penting yang telah kamu simpan sebelumnya.

Jika menemukan permasalahan tersebut, tenangkan diri dan berpikir lebih jernih. Temukan masalahnya. Baru lanjutkan dengan memperbaikinya. Sisanya, rawat flash disk supaya tidak mengalami kerusakan secepatnya. Berikut simpulan yang kami dapatkan dari urbandigital.id.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan flash disk tidak terdeteksi di laptop. Penyebab paling umum adalah sebagai berikut.

Masalah Pada Port USB

Faktor yang menyebabkan falshdisk tidak terdeteksi oleh perangkat berasal dari permasalahan port USB. Sederhananya, ini merupakan colokan yang terdapat di perangkat komputer atau laptop.

Masalah ini biasanya tidak disadari oleh sebagian besar pemilik perangkat. Pada akhirnya, pemiliknya khawatir dengan kondisi yang dialaminya.

Sebelum berpikir terlalu jauh, cobalah untuk memperhatikan kondisi fisik dari port USB tersebut. Perhatikan apakah kondisinya masih baik atau tidak.

Jika kedapatan kotor, mungkin itu permasalahannya. Tetapi bila rusak, kamu tidak bisa menganalisanya langsung dari perangkat tersebut.

Untuk memastikan bahwa port tersebut bagus atau tidak, kamu perlu melakukan pengujian pada perangkat lain. Jika flashdisk bisa dibuka, kamu bisa mencurigai adanya masalah pada perangkat komputer.

Driver Bermasalah

Driver USB pun terkadang tidak terinstal dengan baik. Atau, ada permasalahan dalam komputer yang memungkinkan driver tersebut mengalami permasalahan. Jika ini terjadi, sudah pasti falshdisk yang kamu hubungkan tidak akan terbaca.

Terinfeksi Virus

Infeksi virus atau malware di dalam flashdisk pun kerap menjadi biang masalah dari tidak terbacanya flashdisk. Bahkan, ini pun bisa membahayakan pada perangkat laptop yang ditempeli flashdisk.

Kualitas Flashdisk

Faktor terakhir ini berkaitan langsung dengan kualitas flashdisk. Kamu tentunya sudah menyadari jika produk ini dibuat oleh banyak vendor.

Sebagian lagi merupakan barang imitasi atau palsu. Tentu saja, harganya jauh lebih murah meskipun ditawarkan dengan kapasitas penyimpanan super besar.

Hanya saja, flashdisk ini terkadang tidak support dengan perangkat komputer. Pada akhirnya, perangkat tersebut tidak akan pernah terdeteksi di PC.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di PC

Asalkan flashdisk yang kamu miliki tidak palsu, kamu bisa memperbaikinya dengan metode yang kamu temukan di sini. Berikut ini beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

  • Bersihkan Port USB

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah kebersihan dari port atau konektornya. Bisa saja, area inilah yang menjadi biang keladinya.

Untuk memastikannya, coba colokkan flashdisk di komputer lain. Jika terdeteksi, ada kemungkinan jika yang bermasalah adalah port usb.

Kalau ini masalahnya, tentu perbaikannya jauh lebih mudah. Kamu cukup membersihkan area tersebut dari debu dan kotoran. Tetapi bila ada kerusakan, solusi terakhirnya adalah menggantinya.

  • Update/Install Ulang Driver USB

Install ulang sebuah driver USB bisa menjadi cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan tepat. Tentunya, ini hanya bisa bekerja ketika permasalahannya memang berasal dari rusaknya driver usb yang terinstall.

Untuk memeriksa sekaligus memperbaikinya, kamu bisa memulainya dengan menghubungkan Flash Disk dengan komputer. Lantas, klik kanan pada logi windows dan pilih menu Device Manager.

Akan ada jendela bar yang terbuka. Ini berisi sejumlah fitur yang terinstall dalam sistem. Di sini, kamu hanya perlu mencari fitur bernama Universal Serial Bus Controllers.

Ketuk saja fitur tersebut. Kemudian, perhatikan menu bernama USB Mass Storage Device. Jika menu ini ditandai dengan tanda peringatan berwarna kuning, berarti driver tersebut memang bermasalah.

Solusinya, kamu tinggal klik kanan pada menu tersebut. Setelah itu, pilih Uninstall device dan konfirmasi.

Langkah selanjutnya, cabut flashdisk yang terhubung. Kemudian, tutup seluruh aplikasi dan restart.

Apabila sudah direstart, coba hubungkan lagi flashdisk. Sistem akan menginstal ulang driver USB. Nantinya, flashdisk pun akan terbaca seperti sedia kala.

  • Repair Drive dari Windows

Windows sudah menyediakan fitur untuk memperbaiki sistemnya. Bahkan, bisa juga memperbaiki perangkat yang terhubung dengannya. Dalam kasus ini, flashdisk yang rusak akan dipindai dan diperbaiki melalui fitur windows.

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini cukup tepat ketika kamu belum mengetahui akar masalahnya. Setidaknya, fitur ini bakalan cukup membantu. Terutama ketika perangkat memang diindikasikan terinfeksi virus atau malware.

Nah, bagaimana cara melakukannya? Langkahnya diawali dengan mencolokkan flashdisk ke laptop.

Setelah terhubung, klik kanan pada Windows. Kemudian, pilih menu Disk Management.

Setelah masuk, pilih Disk yang merujuk pada lokasi Flashdisk. Biasanya, pengaturan di komputer atau laptop menempatkannya pada disk E. Cukup klik kanan pada area E tersebut.

Lanjutkan dengan memilih Properties. Ketika jendela baru muncul, ketuk tools dan tekan masuk ke fitur Check.

Langkah selanjutnya cukup dengan mengetuk Scan and Repair Drive. Tunggu hingga windows selesai memperbaikinya. Terakhir, cabut dan colokkan lagi Flashdisk untuk memastikannya terbaca di perangkat komputer.

  • Update Windows

Ada kemungkinan jika flashdisk tidak terbaca disebabkan oleh masih lawasnya versi windows. Ini memungkinkan jika file yang perlu diperbarui masih belum tersedia. Alhasil, windows tidak support sehingga sulit membaca flashdisk.

Untuk menanganinya, cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini cukup dengan update windows. Selagi windows ini sudah diaktivasi dan legal, update ini tidak akan membuat instalasinya corrupt atau rusak.

Mengenai caranya sendir jauh lebih mudah. kamu hanya perlu masuk ke menu Settings. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu Update & Security.

Muncul sebuah jendela yang menampilkan tombol Check for updates. Tinggal tekan tombol tersebut. Tunggu beberapa menit sampai beberapa file diperbarui oleh windows.

Apabila sudah selesai, kamu bisa mencoba untuk menghubungkan flashdisk. Jika masalahnya berasal dari windows, update windows ini akan menjadi solusi paling mudah.

Apabila semua cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sudah ditempuh namun belum berhasil, kemungkinan flashdisk rusak. Solusinya ialah membeli yang baru. Dan data yang terlanjur tersimpan memang harus direlakan.

Tips Merawat Flash Disk

Flashdisk bisa berumur cukup lama jika kamu bisa merawatnya. Supaya tidak cepat rusak, lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Biasakan eject sebelum mencabut flashdisk dari komputer
  • Lakukan scanning virus sehabis digunakan di komputer lain
  • Minimalkan terjadi benturan pada perangkat
  • Hindari menempatkan flashdisk di area yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Jauhkan flashdisk dari medan magnet tinggi
  • Hindari kebiasaan format flashdisk
  • Sesekali, defrag flashdisk agar kinerjanya bagus

Demikianlah informasi bermanfaat seputar flashdisk. Jika menemukan flashdisk tidak terdeteksi, cari tahu akar masalahnya terlebih dahulu. Setelah itu, terapkan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sesuai penyebabnya. Hasilnya, flashdisk akan terdeteksi lagi. Bagi kamu yang ingin membaca tentang kiblat online, silahkan cek artikel yang kami rekomendasikan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.