Cara Membuat File RAR di Android

Cara Membuat File RAR di Android

Cara Membuat File RAR di Android – RAR ialah satu dari sekian banyak format file yang terkompresi cukup populer selain ZIP dan 7z. Dengan mengubah suatu format file menjadi format RAR, ukuran file pun akan menjadi jauh lebih kecil dan tentunya juga akan menghemat ruang di ponsel. Sehingga, kita perlu tahu cara membuat file rar di android sehingga ukuran file di hp menjadi lebih kecil.

Membuat file ZIP maupun RAR pada perangkat komputer memang telah biasa dilakukan dan tentunya banyak yang bisa untuk melakukannya. Di komputer pun kita dapat menggunakan software bernama Winrar, 7zip, atau pun sejenisnya.

Di bawah ini ada beberapa cara membuat file rar di android yang bisa diikuti, namun untuk file ZIP dapat dilakukan dengan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi tambahan pun juga bisa. Namun, file RAR sebaiknya menggunakan aplikasi tambahan dikarenakan masih banyak smartphone Android yang belum bisa membuat file menjadi berekstensi rar.

Cara membuat file rar di android

File rar memang lebih memudahkan bagi pengguna android maupun smartphone karena ukuran filenya yang kecil. Sehingga dapat menghemat banyak ruang di handphone. Maka, dari itu berikut cara membuat file rar di android yang perlu kita tahu, yaitu :

  1. Memakai Aplikasi ZArchiver

ZArchiver memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengekstrak file arsip dan juga file terkompresi. Ini sudah tersedia secara gratis alias tidak berbayar dan sangat kompatibel dengan hampir seluruh perangkat Android. Cara membuat file rar di android salah satunya dengan ZArchiver yang memiliki antarmuka ramah pengguna dengan jenis pengarsipan yang terdiri dari 7z, zip, bzip2, gzip, XZ, dan tar.

Baca Juga:  Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 kb

Selain mengekstrak file, ZArchiver juga dapat membuat file arsip RAR. Untuk cara membuat file rar di android  menggunakan ZArchiver, ikutilah langkah berikut ini, yaitu :

  • Pertama, buka dahulu apps ZArchiver dan tekan lama di file atau folder yang ingin diubah menjadi file RAR.
  • Setelah itu, klik ‘Kompres File’ serta sesuaikan dengan setelannya.
  • Kemudian Klik ‘Ok’ dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  1. Menggunakan suatu Aplikasi RAR

Cara membuat file RAR di Android yang berikutnya ialah dengan menggunakan aplikasi RAR. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer yang mengembangkan software WinRAR untuk sistem operasi komputer. Ini merupakan software pengompresian bagi Android yang cukup populer setelah ZArchiver. Cara pengoperasiannya pun sangat mudah dan dapat dipahami oleh semua orang.

Baca juga : Cara Membuat Bot di Telegram

Untuk membuat file dengan format RAR pada aplikasi tersebut, buka aplikasinya lalu pilih file atau folder yang diinginkan. Kemudian, Klik kotak yang ada di samping file untuk dapat memberikan tanda centang. Setelah, itu klik ikon arsip dengan tanda plus serta sesuaikan nama file dan format akhir. Pengguna juga dapat menambahkan kata sandi yang sesuai dengan mereka.

  1. Menggunakan ES File Explore

Cara membuat file rar di android kali ini dengan aplikasi file manager khusus bagi Android. Ini merupakan aplikasi dengan berbagai macam fitur seperti fitur pengorganisasian, pembersihan, serta pengompresan file. Keserbagunaanya membuat aplikasi ES File Explorer adigemari oleh pengguna Android dalam menciptakan file RAR dengan amat mudah.

Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi ES di Play Store secara gratis. Setelah terpasang, buka dan pilih file yang ingin dikompresi. Kemudian klik ikon titik tiga yang terletak disamping file dan klik ‘Compress’. Setelahnya, tunggu beberapa saat sampai file selesai dikompresi. Lama atau tidaknya pengompresan tergantung ukuran file di awal tadi.

  1. Menggunakan Cloud Convert

Bagi pengguna yang enggan menggunakan aplikasi tambahan, maka dapat menggunakan Cloud Convert sebagai solusi alternatif. Ini adalah web pengonversian file online yang dapat mengubah file ke lebih dari 200 jenis format file termasuk RAR. Web ini telah terbukti aman sehingga pengguna tidak perlu risau datanya akan tersebar.

Baca Juga:  Cara Bikin NPWP Online Lewat HP

Kunjungi web Cloud Convert dan di halaman utama ubahlah tujuan konversi menjadi RAR. Klik ‘Pilih File’ pada bagian bawah untuk dapat mengimpor file yang akan dikompresi. Pengguna juga dapat menambahkan beberapa file dalam melakukan pengompresan secara bersamaan. Setelahnya, klik ‘Convert’ dan tunggulah hingga file selesai dikompresi.

  1. Menggunakan Fitur Bawaan

Mengubah file ke RAR dapat dilakukan dengan fitur bawaan pada file manager smartphone. Namun, fitur ini hanya tersedia pada beberapa jenis ponsel saja. Untuk mengubah filenya, masuk terlebih dahulu ke file manager dan klik file yang diinginkan. Lalu, Klik ‘Kompres’ untuk mengubah file tersebut ke dalam format RAR.

Cara membuat file rar di laptop

Cara membuat file RAR melalui laptop dapat dilakukan dengan cara berikut,yaitu :

  • Pertama, pengguna dapat menginstall aplikasi WinRar pada laptop atau pc.
  • Kemudian Klik kanan pada file ataupun folder.
  • Lalu, Klik Tambahkan ke archive.
  • Selanjutnya Masukkan nama arsip.
  • Dan Tekan OK.
  • Kemudian File akan muncul dengan ekstensi Rar.

Baca juga : Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Cara Membuat File RAR di Android tanpa Aplikasi

File RAR memang memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan format file lainnya. Misalnya dari faktor size atau ukuran, kita dapat menyimpan dokumen rar yang dikompres lebih hemat hingga 50 persen untuk mendapat ukuran file yang lebih kecil.

Pengguna android pastinya sering menemukan format rar ini ketika mengunduh film, aplikasi, subtitle atau dokumen, pasti ada saja format rar yang didapatkan.

Untuk pemula, banyak yang belum mengetahui cara membuat file RAR lebih mudah dan cepat tanpa dengan aplikasi winrar yang harus diinstall terlebih dahulu di hp android. Untuk file RAR harus memerlukan tool ekstra yang bernama WINRAR atau aplikasi sejenis. Membuat file maupun folder menjadi RAR menggunakan aplikasi memang cukup mudah, namun jika tanpa aplikasi, maka kita membutuhkan layanan online yang telah tersedia di internet.

Baca Juga:  Cara Memindahkan WA dari Android ke iPhone

Cara Membuat File RAR menjadi beberapa bagian

Beberapa dari kita pasti memiliki kebutuhan untuk membuat file RAR menjadi beberapa part atau bagian yang kemudian dapat digabungkan lagi ketika akan dikirim ke si penerima. Khususnya bagi yang merasa khawatir ketika akan mengupload file tertentu, tetapi takut mengalami kegagalan sebab ukuran file yg mungkin terlalu besar.

  • Langkah 1 :

File ukuran besar yang akan di kompress menjadi RAR, klik kanan pada file tersebut atau tahan lama sampai muncul opsi bagikan. Kemudian Ketika jendela baru ditampilkan, otomatis silahkan pengguna memilih “Add to Archive”

  • Langkah 2 :

Kita perlu mengatur beberapa pengaturan seperti Archive nama atau Kompresion method serta lainnya. Penting untuk memperhatikan bahwa bagian Split to Volume dan Ukuran, kita harus memasukkan nilai yg diperlukan dan masukkan satuannya, seperti 100 MB untuk setiap file dan lainnya, baru kemudian klik “OK”

  • Langkah 3 :

Pada tahap ini, kita tinggal tunggu hingga proses Kompresnya selesai. Aplikasi WinRar secara  otomatis akan memecah file hasil kompres tersebut menjadi beberapa bagian yang sesuai dengan besaran yang dimasukkan. Misalnya file awal memiliki ukuran 1 GB, kita pecah tiap file 100 mb, maka akan terdapat 5 file RAR dengan ukuran yang sama.

Demikian, cara membuat file RAR di Android yang perlu diketahui. Dengan mengubah format file ke RAR, penyimpanan smartphone kini bisa menjadi lebih lega. Tak hanya itu, file juga akan lebih mudah untuk diunggah ke internet dan tentunya dapat menghemat waktu.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top