Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Cara membuat background transparan di Photoshop memang tidak sulit bagi Sebagian kamu yang sudah terbiasa dengan software tersebut. Lantas bagaimana dengan mereka yang masih bingung karena kurang puas saat melihat tutorial di video online?

Ada beberapa jenis tentang cara membuat latar belakang transparan di Photoshop. Dan ketika beberapa alat berbeda melakukan hal yang sama, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang harus digunakan dan kapan menggunakannya.

Photoshop sendiri merupakan software atau aplikasi edit foto yang paling banyak digunakan oleh para desainer grafis. Mulai dari fitur dan berbagai macam format foto dapat kamu gunakan hanya di software ini. untuk kamu yang masih bingung dengan tutorialnya, berikut merupakan ulasan singkat mengenai cara membuat background transparan di Photoshop hanya dengan 3 cara.

3 Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Ada beberapa cara membuat background transparan di Photoshop. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  • Blend If

Bisa dibilang cara ini merupakan salah satu alternatif klasik yang sudah ada sebelumnya. Alih-alih menggunakan Layar untuk efek background transparan, cobalah gunakan Photoshop dengan alat Blend If.

  1. Klik dua kali layer yang ingin diekstrak, dan di bagian bawah panel Layer Style, kamu akan melihat Blend If. Pada Blend if kamu cukup perhatikan opsi This Layer dibawahnya.
  2. Blend If bekerja dengan memilih rentang nilai berapa yang akan dicampur, merender bagian mana pun dari gambar dengan nilai tersebut hingga transparan.

Kamu bisa memilih nilai dengan menggeser tombol panah. Semakin ke kiri akan lebih gelap, sedangkan semakin ke kanan akan lebih terang. Geser ke kiri untuk menghilangkan background berwarna hitam.

  1. Untuk membuat transisi yang lebih mulus, tekan dan tahan tombol Alt dan tekan tombol panah hingga terbagi. Menarik tombol panah lebih jauh ke kanan akan menciptakan tepi yang jauh lebih lembut.
  2. Masih ada sisa pinggiran yang cukup banyak. Untuk merapikannya, tambahkan inner glow layer style.

Namun, jika Kamu mencobanya sekarang, bayangan dalam akan muncul di tepi gambar dan terlihat alami. Pikselnya masih ada, hanya saja menjadi lebih transparan. Untuk menghilangkannya, klik kanan – Convert to Smart Object. Smart Object akan membuat piksel transparan seperti dihapus.

  1. Dan sekarang kita dapat menambahkan Inner Glow untuk menghilangkan tepi tersebut.
  2. Kamu dapat mengikuti proses yang sama dengan gambar pada latar belakang putih, hanya menyesuaikan tombol panah sisi kanan saja.
Baca Juga:  Cara Mengubah Foto Menjadi 4x6 Online Dengan Hasil Sempurna

Untuk menghapus sisa background putih, kamu masih bisa menggunakan Inner Glow, tapi kamu juga bisa mengatur menggunakan Blend Mode ke Darker Color dan bagian Color menjadi abu-abu gelap.

  1. Kamu mungkin akan bertanya mengapa harus menggunakan Blend If daripada Blend Modes. Blend If akan memberi efek rabaan yang lebih “solid”, sedangkan Blend Modes akan terasa lebih ringan dan tidak terlalu buram.

Baca juga : Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP

Juga, ingat bahwa Blend If bekerja dengan nilai, jadi gambar tidak harus mempunyai background hitam atau putih.

  • Select Color Range

  1. Selanjutnya, kamu juga memiliki Select Color Range! Ini adalah opsi yang sangat baik untuk cara membuat bacground transparan di Photoshop, terutama untuk objek di latar belakang studio yang memiliki tonal range terlalu lebar untuk Blend If. Itu karena, tidak seperti Blend If, Select Color Range tetap memperhatikan warna. Kamu bisa pergi ke Select – Color Range untuk membuka panel Color Range.
  2. Mari kita masukkan beberapa pengaturan:
  3. Fuzzines: 40
  4. Selekstion Preview: Hitam Matte
  5. Invert: Dicentang

Ini dapat berubah dari satu gambar ke gambar lainnya, terutama Fuzziness, yang memberi tahu Photoshop berapa banyak warna yang harus diambil. Anggap saja seperti toleransi atau ketegasan warna.

Jika latar belakang Kamu memiliki bayangan atau beberapa rona warna yang sama, Tekan Shift untuk menambahkan warna ke pilihan. Tekan OK jika sudah sesuai.

  1. Tambahkan Layer Mask sehingga seleksi untuk menjadi tertutupi.
  2. Tahan Control dan klik Layer mask untuk mengaktifkan kembali Seleksi. Selanjutnya, masuk ke Select – Modify – Contract and Contract by 2. Jika 2 sepertinya terlalu kuat, Kamu juga bisa mencoba 1.
  3. Kemudian kita akan memilih Select – Inverse untuk membalikkan seleksi. Kemudian Edit – Fill untuk mengisi seleksi dengan warna hitam. Dan jika Kamu merasa tepi mask Kamu sedikit kasar, Kamu dapat membuka panel Properties dan menambahkan Feather sebesar 0,4 px.
  4. Terakhir, jika Kamu pernah melihat area dengan mask yang seharusnya tidak disamarkan, cukup keluarkan Kuas bulat keras yang disetel menjadi putih dan tutup kembali area tersebut. Untungnya mereka bisa cepat untuk ditutupi kembali. Dan itu berlaku untuk salah satu alat ini, jika bayangan atau sorotan secara tidak sengaja tersamarkan, cukup masukkan kembali.
Baca Juga:  ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401), Laptop Bandel dengan Body Tipis

Itulah cara membuat background transparan di Photoshop menggunakan Select Color Range! Ini juga bagus untuk background berwarna hijau.

  • Select and Mask

  1. Selanjutnya, mari kita bicara tentang Select and Mask, atau Refine Edge Ini adalah salah satu alat seleksi Photoshop yang paling kuat dan yang mungkin banyak yang gunakan ini setiap hari saat mengekstrak subjek. Pertama, kita perlu membuat pilihan subjek kita. Cukup menggunakan Select Subject dan kemudian menambahkan Layer Mask
  2. Sekarang, kita bisa masuk ke Select and Mask dengan menekan tombol di bar Options atas atau dengan mengklik dua kali Layer Mask dan memilih Select and Mask.
  3. Hal pertama yang selalu direkomendasikan adalah Check Smart Radius dan atur Radius ke 4 px. Kamu dapat bermain dengan jumlah Radius, tetapi 4 px tampaknya berfungsi dengan baik untuk sebagian besar hal. Kamu juga bisa memastikan sikat Refine Edge aktif, dengan melihat di sisi kiri.

Selanjutnya, mari kita tekan Refine untuk objek yang berserabut seperti rambut di bilah opsi atas. Ini akan memperhalus seleksi di sekitar rambut.

  1. Apabila terdapat bulu-bulu, klik dan seret melintasi tepi bulu. Refine Edge akan mulai mengambil detail bulu tetapi meninggalkan latar belakang.

Jika Refine Edge mengalami kesulitan memisahkan subjek Kamu dari background, Kamu dapat mencoba beralih ke Object Aware di panel Properties sebelah kanan.

  1. Dengan selesainya penyempurnaan dasar, tekan OK dan kemudian melompat kembali ke Select and Mask untuk membuat lebih banyak Refinements. Apabila masih ada yang kurang kamu bsia mengcancel proses selanjutnya ini.

Baca juga : Cara Ganti Wa Tanpa Save Nomor Android

Ada beberapa cara berbeda untuk menangani tepi pinggiran yang tersisa di Select and Mask. Pertama, kita dapat memasukkan Shift Edge sebesar -10, yang akan menggeser tepi ke dalam.

Tetapi meskipun Shift Edge dan Penyempurnaan Global lainnya bekerja dengan baik pada objek atau permukaan yang tidak bertekstur, mereka tidak bekerja dengan baik dengan rambut dan bulu.

Jadi, sebagai gantinya, kita dapat Memeriksa Warna Dekontaminasi yang ditemukan di bawah Pengaturan Output. Photoshop akan mencoba membawa warna dari objek yang dipilih ke tepi pinggiran itu.

  1. Terkadang, ini bekerja dengan baik! Tapi di lain waktu, itu akan terlihat sangat mengerikan. Dan terkadang itu akan terlihat bagus di beberapa tempat tetapi tidak di tempat lain.
Baca Juga:  Berkenalan dengan Zenbook OLED, Laptop Bisnis Terbaik dengan Tampilan Premium dan Ringkas

Ini bisa menjadi masalah karena Dekontaminasi Warna adalah filter yang merusak, yang berarti filter ini akan mengubah secara permanen apa pun yang diterapkan. Untuk mengatasinya kita atur Amount menjadi 100 dan ubah Output ke New Layer dengan Layer Mask.

  1. Sekarang, Unhide layer dan layer mask asli kita. Hapus layer mask pada layer Dekontaminasi Warna. Kemudian Clip layer Decontaminate Color ke dalam layer dan mask asli.

Kita sekarang dapat menambahkan Layer Mask baru ke layer Dekontaminasi dan menutupi semua area yang terlihat tidak terlalu bagus. Dalam hal ini, itu di sekitar rambut subjek.

  1. Jika Kamu masih memiliki beberapa warna yang tersisa, Kamu dapat menghilangkannya hanya dengan mengecat pada layer Clipped yang disetel ke Blend Mode yang berbeda. Gunakan alat pipet untuk memilih warna yang dekat dengan area yang Kamu lukis.

Blend Mode akan bergantung pada permukaan yang Kamu lukis dan apa yang perlu Kamu sembunyikan.

Berikut adalah panduan umum tentang kapan harus menggunakan Blend Mode mana, dengan mengingat bahwa Kamu selalu dapat mencampur dan mencocokkannya:

  • Color: Gunakan Warna untuk mencocokkan tepi pinggiran dengan warna rambut.
  • Hue: Hue juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk Warna.
  • Multiply: Gunakan Multiply untuk menggelapkan poni yang lebih terang yang tertinggal di belakang rambut yang sangat gelap.
  • Darken Color: Gunakan Darken Color sebagai alternatif untuk Multiply atau untuk menutupi pinggiran yang lebih terang yang tertinggal di belakang rambut yang lebih terang.
  • Normal: Gunakan Normal ketika tepi yang sedang dicat memiliki detail yang rendah atau tidak kehilangan apa pun karena warnanya yang datar.
  • Lighten: Gunakan Lighten pada rambut berwarna lebih terang dengan pinggiran pinggiran yang lebih gelap.
  • Screen: Gunakan Layar sebagai alternatif untuk Meringankan atau pada rambut tipis dengan tepi pinggiran yang lebih terang.

Itulah cara membuat background transparan di Photoshop! Menghapus background dari gambar hanya membutuhkan waktu sesui kebutuhan kamu. Terkadang pekerjaan cepat akan menghasilkan hasil gambar yang kotor. Di lain waktu, mendapatkan ekstraksi yang sempurna itu penting. Untungnya, melalui kombinasi keempat alat itu, kamudapat mengekstrak gambar apa pun yang melintas. Dan alat pilih otomatis Photoshop menjadi lebih baik setiap tahun.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top