Cara Cek Hutang Lewat KTP Online

Cara Cek Hutang Lewat KTP Online

Cara Cek Hutang Lewat KTP Online – Di era sekarang yang serba digital aini, korban tagihan pinjaman online (pinjol) secara mendadak akan semakin banyak. Banyak yang bertanya, kenapa hal tersebut dapat terjadi, padahal mereka tidak pernah mengajukan pinjaman online. Ternyata, terdapat oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuka praktik penjualan data pribadi, salah satunya adalah penjualan KTP elektronik (e-KTP). Maka dari itu, penting untuk tahu cara cek hutang lewat KTP online.

Data pribadi yang dijual melalui ktp online tersebut lantas disalahgunakan sebagai data pelengkap dalam melakukan pinjaman online atau kartu kredit. Cara cek hutang lewat KTP online mudah saja untuk dilakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan lewat layanan informasi debitur di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meskipun belum pernah membuka kartu kredit atau pinjaman, pengguna dapat mengakses situs konsumen OJK tersebut. Dari situs itulah, maka kita dapat mendeteksi apakah ada yang menggunakan data tersebut sebagai debitur. Maka, dari itu sangat dihimbau untuk mengecek informasi debitur di SLIK secara rutin.

Cara cek hutang lewat ktp online

Di era digital sekarang tengah marak dengan yang namanya pinjaman online. Pinjaman online ini tentunya dapat lolos jika mengupload data pribadi. Tetapi, sekarang banyak sekali penyalahgunaan data diri melalui KTP online untuk pengajuan pinjaman online. Maka, dari itu kita perlu paham cara cek hutang lewat ktp online.

Cara Cek BI Checking Online melalui SLIK

Langkah pertama untuk tahu cara cek hutang lewat KTP online adalah siapkan dokumen pendukung BI untuk checking online.

Untuk Debitur perorangan, sebagai berikut :

  • Fotokopi identitas diri anda dan identitas asli berupa KTP bagi masyarakat yang berstatus
  • Sedangkan bagi WNA cukup dengan fotokopi tanpa pengenal asli yaitu paspor.
  • Fotokopi identitas diri dengan menyertakan surat kuasa asli (apabila dikuasakan pada pihak lain).
Baca Juga:  Cara Mengubah Word Ke PDF Di Laptop

Bagi Debitur badan usaha:

  • Menyiapkan NPWP.
  • Sediakan surat Akta Pendirian.
  • Perubahan anggaran dasar yang berisikan susunan serta wewenang pengurus, dan juga identitas asli pengurus serta badan usaha (atau fotokopi dokumen yang telah dilegalisir).
  • Melampirkan Surat Kuasa asli, fotokopi serta identitas asli badan usaha, fotokopi dan juga identitas asli surat kuasa (apabila dikuasakan kepada orang lain).

Kemudian, cara cek hutang lewat KTP online yang selanjutnya adalah mengisi Formulir Antrian Cek BI Online. Silakan membuka link antrian di situs web consumer.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registration. Isilah formulir aplikasi IDEB dan kemudian pilih Antrian. Layanan antrian online dibuka oleh OJK menjadi beberapa sesi, yaitu:

Baca juga : Cara Bikin NPWP Online Lewat HP

  • 08:00 – 09:00
  • 09:00 – 10:00
  • 10:00 – 11:00
  • 11:00 – 12:00
  • 13:00 – 14:00
  • 14:00 – 15:00

Untuk Informasi mengenai Debitur SLIK hanya tersedia pada hari Senin hingga Jumat pada WIB.

Verifikasi Data

Langkah selanjutnya untuk cara cek hutang lewat ktp online adalah verifikasi data. Pastinya dalam tahap ini akan diminta nomor Whatsapp OJK-SLIK yang tertulis pada email untuk menyelesaikan tahap verifikasi data. Untuk dapat menyelesaikan proses verifikasi perhatikan baik-baik mengenai isi email agar tidak terjadi kesalahan. Setelah itu, periksa email masuk pada akun Anda setelah menyelesaikan semua langkah di atas. SLIK OJK akan memberikan informasi rincian Debitur SLIK ke alamat email. Jika mengalami kesulitan membaca isi dari debitur, OJK akan memberikan panduan cara melakukannya melalui situs resmi.

Keunggulan SLIK Mengecek Hutang atau Riwayat Pinjaman

Catatan hutang untuk setiap orang dapat dicek melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang rancang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). SLIK diharapkan dapat memudahkan proses pengajuan kredit, sehingga angka kredit yang macet dan bermasalah pun dapat menjadi berkurang. Apalagi, sistem SLIK juga memiliki sejumlah keunggulan lainnya, seperti:

  1. Cara cek hutang melalui KTP online di SLIK memang mudah untuk dijalankan karena dapat dilakukan secara online dalam versi website ataupun aplikasi.
  2. Informasi yang tersimpan di sistem SLIK lebih banyak dan juga akurat. Rinciannya berupa lembaga keuangan bank, non-bank, dan pengadilan.
  3. SLIK juga akan mendorong para pelaku UMKM untuk lebih mudah dalam menerima pinjaman dengan cara mengecek riwayat kredit dengan amat mudah.
  4. Data yang tersimpan dalam SLIK juga lebih terperinci, hingga tagihan listrik serta air.
Baca Juga:  Laptop Gaming ROG dengan 12th Gen Intel® Core™ Resmi Diperkenalkan di Indonesia! 

Fungsi SLIK

Dalam Surat Edaran (SE) OJK Nomor 50/SEOJK.03/2017 mengenai Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur juga dijelaskan tentang fungsi utama dari SLIK. Disebutkan bahwa SLIK bermanfaat untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan dalam manajemen risiko, penilaian untuk kualitas debitur, serta meningkatkan disiplin dalam industri keuangan.

Apabila dibandingkan dengan Sistem Informasi Debitur atau SID, maka SLIK merupakan sistem yang memiliki cakupan akses yang lebih luas. Lantaran, sistem yang dijalankan oleh SID dari BI Checking hanya dapat diakses oleh lembaga penyedia pelayanan keuangan atau yang dikenal dengan lembaga perbankan lewat Bank Indonesia saja.

Jadi, sekarang ini lebih dimudahkan dengan SLIK sebab tidak perlu lagi melalui Bank Indonesia. Pihak kreditur yang diwajibkan untuk menjadi pelapor antara lain, bank umum, bank umum Syariah, BPR, sampaiunit usaha Syariah.

Tidak hanya itu, beberapa pihak lain juga dapat menjadi pelapor misalnya financial technology atau fintech, lembaga keuangan mikro, sampai dengan koperasi simpan pinjam yang telah terdaftar dan memenuhi syarat. CNBC menyebutkan bahwa di dalam SLIK terdapat data pokok debitur seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, serta Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang telah sesuai dengan KTP.

Baca juga : Cara Beli Paketan Smartfren Lewat Sms

Kemudian, SLIK memiliki data keuangan debitur yang lengkap dari informasi pinjaman mulai dari jenis pinjaman, plafon kredit, hingga dengan kualitas pinjaman. Selain itu, informasi tentang fasilitas kredit atau pembiayaan, surat berharga, agunan, penjamin, bahkan hingga transaksi rekening administratif juga ada dalam SLIK.

Manfaat SLIK

SLIK ialah sistem yang sangat bermantfaat bagi kreditur dan juga calon debitur. Berikut ini penjelasannya manfaatnya dikutip dari OJK, yaitu:

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Anti Gagal

Manfaat untuk kreditur

  • Membantu mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan untuk pemberian kredit.
  • Menurunkan risiko kredit yang bermasalah di masa depan.
  • Efisiensi bagi biaya operasional.
  • Mendorong dalam hal transparansi pengelolaan kredit.

Manfaat untuk masyarakat atau calon debitur:

  • Mempercepat waktu yang diperlukan untuk mendapat persetujuan kredit.
  • Mendorong penerima kredit dalam menjaga reputasi kreditnya.
  • Mengetahui untuk data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda, sampai penalti pinjaman.
  • Memberikan informasi tentang status agunan dan juga rincian penjamin kredit.

Tips Supaya Terhindar dari Penyalahgunaan KTP Online

Salah satu cara cek hutang melalui KTP online adalah cek informasi debitur di SLIK secara rutin. Meskipun belum pernah membuka kartu kredit atau melakukan pinjaman, tetapi sebagai pengguna bisa untuk mengakses situs tersebut. Di situs tersebut akan terdeteksi apakah ada yang memakai  data diri kita sebagai debitur atau tidak.

Di bawah ini beberapa tips yang dapat dipraktikkan agar terhindar dari penyalahgunaan KTP online dalam lingkup pinjaman online, yaitu :

  1. Jangan sembarangan klik link di email. Jika terdapat tautan mencurigakan yang dikirim pada email, sangat disarankan untuk tidak membukanya. Hal tersebut menghindari kemungkinan adanya phising atau penipuan secara online.
  2. Apabila terdapat website yang mencurigakan dan meminta info data diri, disarankan untuk tidak memberikan dengan begitu saja.

Demikian informasi mengenai cara cek hutang lewat KTP online yang perlu kita pahami. Keberadaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang didesain oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang sangat membantu, baik untuk pengguna sebagai debitur maupun untuk pemberi pinjaman atau kreditur.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top